Seperti Apa Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat?

Ketika ibu hamil merasakan tanda-tanda persalinan sudah pasti membuat banyak kalangan ikut mengantisipasinya. Terkadang kita sebagai ibu hamil ataupun orang terdekat harus terus waspada ketika masuk ke usia 8-9 bulan.

Dari tanda-tanda persalinan sudah dekat ternyata bisa diprediksi asalkan kita tahu seperti apa tandanya.

Untuk bisa lebih jelas cobalah mengikuti Wyeth Parenting dimana ada beragam informasi seputar ibu hamil terutama saat menjelang persalinan yang sampai sekarang belum banyak dipahami.

Seperti Apa Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat

Memahami pentingnya langkah antisipasi saat terjadinya tanda persalinan menjadi hal wajib bagi orang tua, ibu hamil, hingga suami. Maka dari itu bila sampai sekarang Anda masih belum mengerti tentang tanda-tandanya berikut ini ada ulasannya.

  • Pola Kontraksi Kuat dan Teratur

Dari pola pertama yang menjadi tanda proses persalinan akan terjadi dalam waktu dekat adalah kontraksi lebih kuat dan teratur. Pada gejala kontraksi rahim di awalnya memang memiliki pola tidak beraturan bahkan muncul dalam waktu yang jarang. Namun, dari tanda satu ini masih belum dikatakan sebagai tanda persalinan, tetapi ada baiknya jika Anda melakukan langkah antisipasi dengan langsung melakukan perawatan di rumah sakit ataupun bidang terdekat.

  • Sering Mual dan Diare

Sistem pencernaan tidak teratur menjadi satu tanda tanda persalinan sudah dekat. Memang dari proses pencernaan tubuh akan mengalami masalah karena memang kondisi bayi saat menjelang persalinan akan menganggu pencernaan tubuh sehingga tidak heran bila ibu hami sering mengalami mual hingga diare.

  • Kondisi Bayi Merosot Turun

Berikutnya ada satu tanda dimana menjadi awal persalinan semakin dekat yakni kondisi bayi semakin turun. Rata-rata dalam usia empat minggu sebelum persalinan dimulai dari posisi bayi akan turun ke bagian panggul atau biasa disebut pengenduran sehingga Anda akan merasakan posisi kepala bayi akan berada di bagian bawah untuk persiapan proses persalinan.

  • Leher Rahim Terbuka

Masih ada tanda-tanda persalinan sudah dekat dimana bagian leher rahim akan membuka. Rata-rata dari bagian leher rahim memang menipis terutama saat memasuki minggu-minggu terakhir sebelum persalinan. Jika sudah memasuki tahap ini lakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan apakah sudah waktunya atau belum.

  • Terjadi Kram Perut

Dari bagian perut juga akan merasakan kram ataupun nyeri di bagian punggung. Tekanan bayi pada bagian panggul hingga dubur membuat perut menjadi kram, sehingga tak heran jika ibu hamil sering mengeluhkan rasa nyeri di area paha dan punggung bagian bawah.

Untuk ibu hamil pertama sebaiknya lakukan langkah antisipasi karena rasa kram hingga nyeri di bagian punggung bisa terasa lebih hebat.

Tanda-tanda persalinan sudah dekat sebaiknya bisa dipahami lebih detail oleh ibu hamil. Melakukan upaya antisipasi menjadi satu cara terbaik agar proses persalinan bisa berjalan lancar. Bagi ibu hami pertama bisa melakukan konsultasi agar mampu menghadapi proses persalinan yang membutuhkan persiapan dan tenaga besar.